Reuse, Gunakan Kembali Barang-Barang Kita

reuse waste

reuse waste

Menggunakan kembali barang-barang jauh lebih ramah lingkungan dibandingkan dengan mendaur ulangnya. Hal ini karena menggunakan ulang barang-barang sama sekali tidak memerlukan material tambahan sebelum item tersebut dapat digunakan lagi. Jadi, usahakan selalu untuk menggunakan barang-barang yang kita punya jika hal tersebut memungkinkan.

Berikut adalah beberapa tips dalam Reusing:

Perbaikan item rusak, sehingga mereka dapat digunakan lagi.

Atau kunjungi pasar loak atau toko yang menyediakan barang second hand, untuk membeli item yang telah digunakan bukannya yang baru! kita juga dapat menghemat uang  ketika kita melakukannya!

Membeli produk dengan kemasan yang dapat digunakan kembali, dan mengeksplorasi bagaimana kita dapat menggunakan kemasan ini secara kreatif (wadah plastik misalnya) untuk melayani keperluan kita sehingga tidak usah membeli item baru.

Cobalah untuk menggunakan lagi barang-barang lama kita. Misalnya, pakaian tua (terutama yang robek dan compang-camping) dapat diubah menjadi kain pel untuk membersihkan rumah, dan celana jeans dapat diubah menjadi tas buatan sendiri.

Jika kita tidak dapat menggunakan kembali barang-barang lama kita (karena kita tidak lagi memiliki kebutuhan tersebut), sumbangkanlah barang-barang tersebut untuk amal kepada kelompok masyarakat yang membutuhkan. Ini adalah cara untuk berkontribusi membantu mereka yang kurang mampu. Tapi pastikan bahwa kita menyumbangkan hanya item dapat digunakan kembali. Beramal bukanlah cara  pembuangan alternatif!

Atau jika kita membutuhkan uang ekstra, kita bahkan dapat mempertimbangkan untuk menjual item yang telah kita digunakan. Melakukan hal itu juga dapat membantu orang-orang yang kekurangan uang cukup untuk membeli apa yang mereka butuhkan, dengan harga lebih murah! Ini adalah win-win solution!

Baca juga artikel tentang daur ulang lainnya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s