Reduce, Cara Mengurangi Sampah

reduce waste

reduce waste

Cara Mengurangi Sampah Kita

Mengurangi konsumsi dan mengurangi sampah Kita jauh lebih efektif daripada mendaur ulang, dalam hal melindungi lingkungan bumi dan konservasi sumber daya alam.

Kurangi konsumsi

Selalu berpikir dua kali sebelum Kita membeli. Apakah Kita benar-benar membutuhkan komputer baru, handphone atau bahkan mobil?

Perbedaan apa yang dapat Kita buat sebagai SEORANG konsumen? Jawabannya, Banyak! Ketika kita membeli lebih banyak barang daripada yang benar-benar kita perlukan, masing-masing dan setiap orang dari kita sudah termakan budaya konsumerisme. Hal ini pada gilirannya merupakan bahan bakar pendorong bagi produsen untuk memproduksi lebih banyak, atau dengan kata lain, menggunakan lebih banyak sumber daya dan menciptakan lebih banyak limbah.

Kurangilah sampah Kita. Semakin banyak yang kita gunakan, semakin banyak limbah yang kita hasilkan. Jumlah sampah kita mengalami peningkatan pesat karena beberapa alasan.

Meningkatnya populasi di seluruh dunia berarti bahwa ada lebih banyak orang di planet ini yang mengkonsumsi barang dan menghasilkan limbah.

Dengan meningkatnya kemakmuran (terutama di negara maju) dan produksi massal, orang memiliki daya beli lebih dan mereka dapat membeli banyak hal dengan harga lebih murah. Dengan demikian, orang-orang membeli lebih banyak dan lebih banyak produk, termasuk hal-hal yang mungkin mereka tidak perlu, atau hal-hal yang mereka buang setelah menggunakannya hanya beberapa kali.

Dengan perkembangan teknologi kemasan yang baru (kemasan makanan cepat saji misalnya) dan perkembangan produk teknologi, semakin banyak produk non-biodegredable yang diproduksi, dikonsumsi dan dibuang ke tempat pembuangan sampah dan insinerator.

Sebagai umat manusia, kita perlu melakukan sesuatu untuk mengurangi konsumsi dan jumlah limbah. Dan Kita dapat memainkan peran. Berikut adalah beberapa cara untuk dapat mengurangi sampah Kita:

Gunakan produk yang dapat digunakan lagi dan lagi (misalnya, serbet kain atau handuk dan pena isi ulang), bukan yang sekali pakai (misalnya tisu).

Membeli barang-barang tahan lama dan awet, supaya kita tidak sering-sering membeli yang baru. Dengan cara ini, Kita bisa mengurangi sampah.

Membeli produk dengan kemasan minimal, atau membeli barang dalam jumlah besar atau dalam bentuk terkonsentrasi, sehingga mengurangi sebagian besar kemasan dan mengurangi sampah Kita.

Berinovasi dengan menggunakan kembali barang barang bekas. Membuat kita tidak perlu untuk melakukan pembelian, dengan memenuhi kebutuhan dengan apa yang sudah Kita miliki (botol isi ulang (tumbler) misalnya daripada membeli yang baru, mengubah botol atau wadah kaca yang kosong menjadi wadah makanan atau bumbu dapur misalnya, tidak usah membeli wadah baru, dll). Hal Ini juga menghemat uang!

Mencari produk dan kemasan yang bebas dari racun. Jadi setidaknya ketika membuang barang-barang atau kemasan tersebut, Kita memiliki ketenangan pikiran yang lebih baik bahwa item yang kita buang tersebut kurang memiliki dampak yang merugikan lingkungan.

Selain “mengurangi” (REDUCE), ada dua komponen lain dalam Hierarki pengelolaan sampah yaitu “menggunakan kembali” dan “mendaur ulang”. Semua tiga komponen tersebut sangat  penting jika kita berusaha untuk melestarikan sumber daya dan menghasilkan limbah yang sedikit.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s