Jajanan Nyleneh dari Temanggung

250735_482776978448478_366112178_n

iniloh yang namanya ndas borok

Brosist! Temanggung ternyata menyimpan khazanah kuliner unik yang membuat bingung saya sendiri yang notabene adalah putra daerah tersebut. Ternyata setelah saya merenung, dan melamun sambil sedikit ngeden eh, ada yang aneh bin ganjil pada kuliner atawa jajanan khas Temanggung, bukan soal rasanya brosist! Kalau soal yang satu ini sih gak perlu ditanya langsung coba saja hehehe,, pasti nagih deh. Jadi apanya dong yang aneh dari jajanan di Temanggung? Ini semua soal nama brosist, iya nama! Nama jajanan di Temanggung itu antiii…… mainstream banget. Penamaan jajanan di daerah ini kayaknya menganut paham radikal sayap kiri (halah ini ngaco). Kok bisa begitu? lha ya wong nama jajanan jajanan tersebut terdengar seperti bukan nama makanan. Kaya apa sih? Coba deh brosist sekalian simak beberapa nama jajanan dari Temanggung berikut ini:

1. Bajingan

Iya Bajingan! Pasti brosist semua sudah paham kata umpatan/pisuhan yang satu ini entah bagaimana caranya kata ini bisa jadi nama makanan. Jadi brosist di Temanggung itu bajingan adalah singkong yang direbus bersama gula jawa, dikukus juga bisa sih baru kemudian disiram pake “juruh” yaitu cairan gula jawa. Rasanya gimana? Ya mesti manis dan legit. Manis legitnya bikin klepek klepek, kalo brosist punya gebetan/pacar orang Temanggung coba deh gombalin kayak gini: “bapak kamu bajingan ya? Kok anaknya manis banget” Wkwkw IJK brosist don’t try this at home yaa..

2. Ketan Gudig

Gudig dalam bahasa Indonesia artinya adalah koreng. Jadi secara harafiah ketan gudig adalah ketan yang korengan, kok bisa? Ketannya jarang mandi apa gimana? Bukan gitu brosist ketan gudig itu ketan yang dimasak bersama perkecambahan kacang panjang alhasil kenampakannya jadi brentol brentol. Mungkin karena rupanya yang tak semulus ketan polos ini diasosiasikan seperti koreng di tubuh tapi rasanya gurih kok brosist beda jauh deh ama koreng cyus!, enelan! cumpah!.

3. Ndas Borok

Kepala borokan! Itu arti katanya, Halahhh makanan macam apalagi ini?! Eit, jangan underestimate dulu kalo belum coba. Makanan ini dibuat dari parutan singkong yang dikukus dan di atasnya dikasih gula jawa. Makanan ini sekarang susah dijumpai, nyarinya sesusah nyari orang yang kepalanya borokan gak tau deh emang ada relasinya kali yaa.. hampir satu dekade saya nggak ngicip makanan ini. padahal waktu saya masih imut dulu makanan ini sangat lumrah dan sering dijadikan bekal makanan bagi penduduk desa yang kerja ke sawah ladang. Kandungan kalorinya yang lumayan tinggi bikin mereka semangat bekerja.

4. Corobikan

Corobikan atau corobikang (logat parakan dan sekitarnya). Apanya yang aneh? Yang aneh adalah nama aliasnya brosist yaitu tungkak jebret! atau tumit pecah pecah, WHAT THE! Jangan kaget dulu masbro di beberapa wilayah makanan ini malah disebut bol jaran alias kotoran kuda! Gimana brosist? Nista banget kan nama makanan ini?

5. Tai Kucing

Tai kucing sebenarnya tidaklah enak, yang enak justru tiruannya hehehe yaitu adonan tepung ketan yang digulung dengan tangan kemudian digoreng dan kadang dilumuri dengan gula jadilah imitasi kotoran kucing yang lezat disantap. Kalo brosist enggan dengan nama ini brosist bisa menyebut tai kucing ini pake nama aliasnya yaitu ee’ pus wkwkwk.

Sebenarnya masih banyak nama jajanan yang lucu dan unik dari Temanggung seperti emping kecis, emping jet, endog gludug, balung kuwok, endog bulus, pelok, pipis kopyor, ganjel rel, bolu emprit dll. Bakal saya bahas di tulisan berikutnya. Nah gimana brosist setelah tahu nama nama makanan di atas apakah brosist semua geleng2 pusing tujuh belas rokaat? Saya sendiri juga nggak paham kenapa wong Temanggung memberi nama makanan yang nyleneh kayak di atas, mungkin perlu studi aspek historik, sosiolinguistik (ini bukan nama makanan lho yah) Atau malah tertantang buat mencobanya? Kalau punya pendapat, komen, atau mau melengkapi tulisan saya monggo silahkan ditulis di kolom komentar yaa….

sumber foto dari FB Seputar Temanggung

2 responses to “Jajanan Nyleneh dari Temanggung

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s